Silabus Geografi SMA Kelas X XI XII Kurikulum 2013 (K13)

Silabus Geografi SMA

Samehada.my.id - Silabus ini meliputi Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), Kompetensi Dasar (KD), Kegiatan Pembelajaran, Materi Pokok Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar untuk materi silabus geografi Kelas X, XI dan XII SMA Kurikulum 2013 revisi 2017

Silabus Geografi SMA/MA Kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini terdiri dari tiga kelas untuk mendapatkannya silahkan download pada di bawah ini:

Silabus Geografi Kelas X Kurikulum 2013
Silabus Geografi Kelas XI Kurikulum 2013
Silabus Geografi Kelas XII Kurikulum 2013

Pengertian Geografi

Geografi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu geo(s) dan graphein. Geo(s) artinya bumi, graphein artinya menggambarkan, mendeskripsikan ataupun mencitrakan. Secara harfiah Geografi berarti ilmu yang menggambarkan tentang bumi.

Menurut Bintarto, Geografi adalah ilmu yang mempelajari/ mengkaji bumi dan segala sesuatu yang ada di atasnya, seperti penduduk, flora, fauna, iklim, udara dan segala interaksinya. Menurut Seminar dan Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (SEMILOKA IGI) tahun 1989, Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dalam sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

Seperti lazimnya bidang keilmuan yang lain, geografi juga mempunyai obyek formal dan obyek material; Obyek formal adalah dari sudut pandang mana kajian ilmu tersebut dilihat, sedangkan obyek material adalah apa yang dipelajari oleh ilmu tersebut. Obyek formal geografi mencakup pendekatan yang digunakan dalam memecahkan suatu persoalan geografi, sedangkan obyek material geografi adalah geosfer. Geosfer adalah lapisan-lapisan bumi, yang mencakup:

  1. Lapisan Kulit/ kerak bumi (Lithosfer)
  2. Lapisan Udara (Atmosfer)
  3. Lapisan Air (Hidrosfer)
  4. Lapisan Makluk hidup (Biosfer)
  5. Lapisan Manusia (Antroposfer)

Untuk memperjelas ruang lingkup geografi dapat dilihat pada diagram diatas

Ilmu penunjang dalam Geografi

  1. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari kejadian, struktur, komposisi, sejarah, dan proses perkembangannya.
  2. Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk dan relief permukaan bumi, yang menyangkut tentang asal-usul serta proses terjadinya beraneka ragam bentuk permukaan bumi.
  3. Soils atau ilmu tanah, sering disebut dengan pedologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang keadaan serta klasifikasinya tanah, kandungan bahan mineral dan organic tanah, serta keadaan fisik, kimia serta biologis tanah.
  4. Meteorogi adalah ilmu yang mempelajari tentang keadaan cuaca beserta unsur-unsurnya.
  5. Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang iklim beserta faktor pembentuk iklim serta membaginya dalam suatu kelompok iklim.
  6. Hidrologi adalah ilmu yang menyangkut tentang segala aspek pencatatan, survey dan pemetaan keadaan air di muka bumi
  7. Oceanografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lautan, seperti: salinitas, suhu, arus, gelombang dan pasang-surut air laut.
  8. Kartografi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses dan cara survey dan pemetaan suatu wilayah.
  9. Penginderaan Jauh (Remote sensing) merupakan suatu cara untuk memperoleh informasi atau data tentang suatu obyek tanpa melakukan kontak langsung dengan obyek tersebut.
  10. Antropogeografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persebaran bangsa-bangsa di muka bumi dilihat dari sudut geografis.
  11. Geografi manusia adalah ilmu yang mengkaji tentang aspek sosial, ekonomi dan budaya penduduk serta interaksinya dengan lingkungan sekitarnya.
  12. Geografi regional adalah ilmu yang mempelajari suatu kawasan tertentu secara khusus, misalnya: Geografi Regional asia Tenggara, Geografi Rewgional Timur Tengah, dsb.
LihatTutupKomentar