-->

Bank Sentral Portugal Memberikan Lisensi ke Pertukaran Crypto

 Banco de Portugal telah memberikan lisensi operasi untuk pertukaran mata uang kripto lokal untuk pertama kalinya. 

Bank sentral mengumumkan bahwa pertukaran Portugis Criptoloja dan Mind the Coin sekarang diklasifikasikan sebagai penyedia layanan aset virtual. Saat ini mereka adalah satu-satunya yang termasuk dalam daftar bank yang diterbitkan di situs web mereka .

Keputusan Banco de Portugal telah dibuat selama sembilan bulan. Criptoloja dilaporkan melakukan pendaftaran awal kembali pada September 2020.

Di tanah Portugis, lisensi mengizinkan Criptoloja dan Mind the Coin untuk melakukan layanan pertukaran antara aset virtual dan mata uang fiat, serta antara aset virtual yang berbeda. Ini juga mencakup mereka untuk layanan transfer, penyimpanan dan administrasi untuk aset tersebut. 

Eropa merangkul pertukaran crypto

Portugal telah dianggap di masa lalu sebagai salah satu negara paling ramah kripto di Eropa. Investor dan blogger Jean Galea menulis pada bulan Mei bahwa negara itu “menjadi surga” bagi orang-orang yang terlibat dalam ruang crypto. Pendapatan Cryptocurrency tetap dibebaskan dari PPN dan pajak capital gain di negara tersebut, kecuali jika berasal dari aktivitas perdagangan profesional.

Namun, Portugal bukan satu-satunya negara Eropa yang melihat pertukaran dan layanan kripto baru-baru ini.

Pada akhir Mei, Otoritas Jasa Keuangan Malta (MFSA) memberikan Lisensi Aset Keuangan Virtual (VFA) Kelas 3 kepada XCoins, bursa terkemuka yang berbasis di negara tersebut. Pada saat itu, Rob Frye, pendiri dan CEO XCoins berkomentar:

“Menjadi salah satu platform cryptocurrency pertama yang mencapai tonggak sejarah ini berarti kami dapat terus membuka jalan bagi industri yang lebih aman dan teregulasi. Xcoins memimpin karena aset digital mendapatkan popularitas di seluruh dunia.”

Ini adalah lisensi kedua yang diberikan MFSA kepada pertukaran crypto tahun ini. Platform crypto pertama yang menerima Lisensi VFA dari kelas yang sama adalah Crypto.com. Memperoleh lisensinya beberapa minggu sebelum XCoins, perusahaan menyebut tonggak sejarah itu “momen penting bagi industri cryptocurrency.”

Selain itu, Crypto.com membuat aplikasi ke MFSA untuk menjadi lembaga keuangan berlisensi. Namun, saat dilaporkan sedang diproses, keputusan regulator masih belum final. Otoritas Malta menyetujui aplikasi platform pada prinsipnya pada November 2020.

Artiker ini Bersumber dari : https://finance.yahoo.com/news/central-bank-portugal-grants-licenses-122634486.html

LihatTutupKomentar