-->

Hashrate Bitcoin mencapai level terendah 8 bulan karena penambang China Down

 Hashrate Bitcoin telah jatuh ke level terendah sejak awal November karena operasi penambangan di China mulai terputus.

Hashrate jaringan Bitcoin, ukuran tenaga komputasinya, telah merosot 46% sejak level puncaknya pada pertengahan Mei. Menurut Bitinfocharts , hashrate Bitcoin saat ini 91,2 EH/s (triliun hash per detik), hampir setengah dari 171,4 EH/s tinggi yang diposting kurang dari enam minggu yang lalu.

Bitinfocharts juga melaporkan penurunan profitabilitas penambangan dari puncak $0,449 USD per hari per terahash per detik ke level saat ini $0,226 di atas pe yang sama.

Tingkat hash BTC tidak pernah serendah ini selama 8 bulan, terakhir merayap di bawah 90 EH/dtk pada 3 November 2020. Tingkat hash yang lebih tinggi berarti persaingan yang lebih besar di antara para penambang untuk memvalidasi blok baru, juga meningkatkan skala sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan 51% menyerang dan dengan demikian membuat jaringan lebih aman.

Kemerosotan hashrate dan profitabilitas penambangan disebabkan oleh tindakan keras yang sedang berlangsung dari otoritas China terhadap fasilitas penambangan Bitcoin di seluruh negeri. Selama akhir pekan, gambar kolam penambangan besar di provinsi Sichuan China ditutup dibagikan di media sosial.

Pada 18 Juni, pihak berwenang di Kota Ya'an — kota setingkat prefektur di bagian barat Sichuan — memerintahkan operasi penambangan Bitcoin lokal untuk ditutup . Pada akhir 2019, CoinShares memperkirakan bahwa Sichuan menjadi tuan rumah lebih dari setengah tingkat hash global, menarik para penambang dengan tenaga airnya yang murah dan berlimpah secara musiman.

Pada 12 Juni, otoritas provinsi Yunnan juga mengeluarkan pemberitahuan yang memerintahkan penyelidikan atas dugaan penggunaan daya listrik secara ilegal oleh individu dan perusahaan yang terlibat dalam penambangan Bitcoin.

Menurut laporan CNBC yang  diterbitkan 15 Juni, mitra Castle Island Ventures Nic Carter mencatat hashrate Bitcoin turun, berspekulasi: “tampaknya instalasi dimatikan di seluruh negeri.” Pada awal Mei, Cointelegraph melaporkan bahwa sudah ada tanda-tanda bahwa hashrate Bitcoin mulai meninggalkan China .

Carter memperkirakan setidaknya setengah dari seluruh hashrate Bitcoin akan meninggalkan China seiring waktu.

Amerika Utara, khususnya negara bagian Texas , telah menjadi salah satu tujuan utama untuk apa yang disebut sebagai "migrasi pertambangan yang hebat" karena undang-undang yang menguntungkan dan berlimpahnya energi terbarukan yang murah.

Sumber Berita Bitcoin : https://cointelegraph.com/news/bitcoin-hashrate-hits-8-month-low-as-chinese-miners-power-down

LihatTutupKomentar